News Update :
Home » » Puisi-Puisi Cak Nun

Puisi-Puisi Cak Nun

Written By Ivan Kavalera on Rabu, 09 September 2009 | 8:47:00 PM

Cak Nun, dia masih sebuah oase. Puisi-puisinya tak pernah tidur di Indonesia. Ada yang menyebutnya kyai. Lebih banyak lagi yang meyakininya sebagai satu-satunya penyair tanah air dengan karya-karya islami yang masih bertahan. Puisi-puisi yang berisi dari Cak Nun tetap terdepan di pelataran karya seniman dan budayawan Islam di negeri ini.

ANTARA TIGA KOTA

di yogya aku lelap tertidur
angin di sisiku mendengkur
seluruh kota pun bagai dalam kubur
pohon-pohon semua mengantuk
di sini kamu harus belajar berlatih
tetap hidup sambil mengantuk

kemanakah harus kuhadapkan muka
agar seimbang antara tidur dan jaga ?

Jakrta menghardik nasibku
melecut menghantam pundakku
tiada ruang bagi diamku
matahari memelototiku
bising suaranya mencampakkanku
jatuh bergelut debu

kemanakah harus juhadapkan muka
agar seimbang antara tidur dan jaga

surabaya seperti ditengahnya
tak tidur seperti kerbau tua
tak juga membelalakkan mata
tetapi di sana ada kasihku
yang hilang kembangnya
jika aku mendekatinya

kemanakah harus kuhadapkan muka
agar seimbang antara tidur dan jaga ?

BEGITU ENGKAU BERSUJUD

Begitu engkau bersujud, terbangunlah ruang
yang kau tempati itu menjadi sebuah masjid
Setiap kali engkau bersujud, setiap kali
pula telah engkau dirikan masjid
Wahai, betapa menakjubkan, berapa ribu masjid
telah kau bengun selama hidupmu?
Tak terbilang jumlahnya, menara masjidmu
meninggi, menembus langit, memasuki
alam makrifat

Setiap gedung, rumah, bilik atau tanah, seketika
bernama masjid, begitu engkau tempati untuk bersujud
Setiap lembar rupiah yang kau sodorkan kepada
ridha Tuhan, menjelma jadi sajadah kemuliaan
Setiap butir beras yang kau tanak dan kau tuangkan
ke piring ke-ilahi-an, menjadi se-rakaat sembahyang
Dan setiap tetes air yang kau taburkan untuk
cinta kasih ke-Tuhan-an, lahir menjadi kumandang suara
adzan

Kalau engkau bawa badanmu bersujud, engkaulah masjid
Kalau engkau bawa matamu memandang yang dipandang
Allah, engkaulah kiblat
Kalau engkau pandang telingamu mendengar yang
didengar Allah, engkaulah tilawah suci
Dan kalau derakkan hatimu mencintai yang dicintai
Allah, engkaulah ayatullah

Ilmu pengetahuan bersujud, pekerjaanmu bersujud,
karirmu bersujud, rumah tanggamu bersujud, sepi
dan ramaimu bersujud, duka deritamu bersujud
menjadilah engkau masjid

1987

DARI BENTANGAN LANGIT

Dari bentangan langit yang semu
Ia, kemarau itu, datang kepadamu
Tumbuh perlahan. Berhembus amat panjang
Menyapu lautan. Mengekal tanah berbongkahan
menyapu hutan !
Mengekal tanah berbongkahan !
datang kepadamu, Ia, kemarau itu
dari Tuhan, yang senantia diam
dari tangan-Nya. Dari Tangan yang dingin dan tak menyapa
yang senyap. Yang tak menoleh barang sekejap.

    Antologi Puisi XIV Penyair Yogya, MALIOBORO,

            1997

KITA MASUKI PASAR RIBA

Kita pasar riba
Medan perang keserakahan
Seperti ikan dalam air tenggelam

Tak bisa ambil jarak
Tak tahu langit
Ke kiri dosa ke kanan dusta

Bernapas air
Makan minum air
Darah riba mengalir

Kita masuki pasar riba
Menjual diri dan Tuhan
Untuk membeli hidup yang picisan

Telanjur jadi uang recehan
Dari putaran riba politik dan ekonomi
Sistem yang membunuh sebelum mati

Siapakah kita ?
Wajah tak menentu jenisnya
Tiap saat berganti nama

Tegantung kepentingannya apa
Tergantung rugi atu laba
Kita pilih kepada siapa tertawa

1987


DITANYAKAN KEPADANYA

Ditanyakan kepadanya siapakah pencuri
Jawabnya: ialah pisang yang berbuah mangga
Tak demikian Allah menata
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapakah penumpuk harta
Jawabnya: ialah matahari yang tak bercahaya
Tak demikian sunnatullah berkata
Maka cerdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapakah pemalas
Jawabnya: bumi yang memperlambat waktu edarnya
Menjadi kacaulah sistem alam semesta
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya sapakah penindas
Jawabnya: ialah gunung berapi masuk kota
Dilanggarnya tradisi alam dan manusia
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapa pemanja kebebasan
Ialah burung terbang tinggi menuju matahari
Burung Allah tak sedia bunuh diri
Maka berdusta ia

Ditanyakn kepadanya siapa orang lalai
Ialah siang yang tak bergilir ke malam hari
Sedangkan Allah sedemikian rupa mengelola
Maka berdusta ia

Ditanyakan kepadanya siapa orang ingkar
Ialah air yang mengalir ke angkasa
Padahal telah ditetapkan hukum alam benda
Maka berdusta ia

Kemudian siapakah penguasa yang tak memimpin
Ialah benalu raksasa yang memenuhi ladang
Orang wajib menebangnya
Agar tak berdusta ia

Kemudian siapakah orang lemah perjuangan
Ialah api yang tak membakar keringnya dedaunan
Orang harus menggertak jiwanya
Agar tak berdusta ia
Kemudian siapakah pedagang penyihir
Ialah kijang kencana berlari di atas air
Orang harus meninggalkannya
Agar tak berdusta ia

Adapun siapakah budak kepentingan pribadi
Ialah babi yang meminum air kencingnya sendiri
Orang harus melemparkan batu ke tengkuknya
Agar tak berdusta ia

Dan akhirnya siapakah orang tak paham cinta
Ialah burung yang tertidur di kubangan kerbau
Nyanyikan puisi di telinganya
Agar tak berdusta ia

1988
Share this article :

52 komentar:

Pipit mengatakan...

loading...

oke juga puisi2nya cak nun
saya iri ama orang2 yg pinter bmain kata

Bunda Sasha mengatakan...

kalo ga salah cak nun ini pernah kolaborasi dengan iwan fals di *sholawat* bener nggak Daeng :D

Bunda Sasha mengatakan...

hihi.. kedua dan ketiga gpp deh...

latifah Hizboel mengatakan...

Caknun budayawan muslim yg tangguh,semoga puisi2nya selalu membangunkan kita..

* wah udah lari2 dari FB ,eh dapet kursi keempat ..ga apa2 deh.yng jejak rekam yg sempurna seperti biasa ..siiip.

Reni mengatakan...

Aku dan suami suka sekali dg puisi-2 Cak Nun..!!
Dia sangat pandai memainkan kata... Hebat... !!

Hani Hizboel mengatakan...

Sungguh indah kata2 yang dgunakan begitupula maknanya :)

AISHALIFE-LINE mengatakan...

bagus-bagus puisinya bro.

Tisti Rabbani mengatakan...

pinter ya cak nun...
pinter bikin puisi, pinter nyanyi, pinter bikin org terpesona dgn kata2nya saat ber'tausiah;, ahh..pinter juga cari istri. :))

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

memang mantap puisinya.

Susy Ella mengatakan...

loading...loading..loadiing..


masih loading..

ga ngertii hiks..

terllau berat bahasanya bagi diriku ini ..
hhehhhheh

attayaya mengatakan...

cak nun yang telah menolong masyarakat korban lumpur porong.
mempertemukan mereka dengan keluarga bakrie.
salut untuk cak nun

Newsoul mengatakan...

Puisi nyantri ala pimpinan kyai Kanjeng ini memang maknyus. Rekam jejak yang mantap van.

ivan kavalera mengatakan...

Pipit- sama, aku juga sering iri kpd Cak Nun.

Bunda Sasha- Entah, bunda. Aku sendiri belum pernah dengar itu.

latifah -selamat ya mbak, keempat. aku udah masuk grup Hizboel di FB. Keren.

Reni -puisi2nya sewaktu muda juga romantis kan, mbak?

ivan kavalera mengatakan...

Hani Hizboel -udah sembuh nih..?Alhamdulillah.

AISHALIFE-LINE -ya, bagiku agak sulit menulis seperti beliau.

Tisti Rabbani -pengen belajar ah kpd beliau, gimana cara cari istri.

ivan kavalera mengatakan...

Sang Cerpenis -sepakat.

Susy Ella-he he, sama dg aku..

attayaya -Subhanallah..

Newsoul -Terimakasih bunda. Oh ya baru2 dari FB nih?

BrenciA KerenS mengatakan...

sang budayawan selalu membuat karya besarnya yaa... hebat,

cuma orang hebat aja yang bisa begitu..

annie mengatakan...

Duuuh, makasih ya, sudah ngupas tentang Cak Nun. Sedari SD saya suka puisi-puisinya. Jadi ingat, dulu kelas 5 SD saya baca puisi "Doa Untuk Hari Esok Kami" karya beliau. Ingat terus sampai sekarang.
Tulisan2nya selalu membuat kita merenung dan bercermin ...
Apapun, terima kasih Ivan ..

ivan kavalera mengatakan...

BrenciA KerenS-sebenarnya semua manusia itu hebat. Tergantung niat dan aksinya sendiri. Thanks, bunda.

annie-cermin yg mencerahkan.

latifah hizboel mengatakan...

Mampir setelah sahur..pasti di bulukumba udah pada sholat subuh ya..

*Selamat menjalani puasa di hari ke 21..

ivan kavalera mengatakan...

Ya nih mbak Ateh. Thanks, selamat beribadah juga di hari puasa ke-21.

nelli_l_yunara mengatakan...

Setiap puisi Cak Nun sarat makna dan pesan...trims ya aku dapat menikmati puisi yg indah ini

Salam

rizky mengatakan...

Suka ama budayawan cak nun pisan yak.... emang pinter sangad tu cak nun jika berpuitis2 ria untuk saling mengingaktan kepada kebaikan :D

ducky mengatakan...

whew.. kita masuk ke pasar riba...

kiri dosa kanan dusta... masya Allah..

puisi cak nun emang..TOP

met puasa ya van... :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, pasti cape abis road show ya. bener nih mo married? masih muda kok.

pakwo mengatakan...

salam bahagia, caknur memang termasyuk penyair Islam yang pupuler dan berkualitas

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...

Cak nun sungguh budayawan sejati dan juga sederhana dan bersahaja saya mengenal cak nun langsung via sahabat ku Yusron yang juga adik kandung cak nun yang sekarang tinggal di surabaya.sungguh patut di teladani orang seperti cak nun apa yang dia ucapkan dia lakukan apa yang dia sarankan itu juga dia lakukan.salut nice posting sob.

anazkia mengatakan...

Subhanallah.. puisi dengan rasa penghambaan yang dalam. Kapan yah aku bisa nulis puisi kayak beliau...??? hehehe.. ini mah mimpi kali ye...

NURA mengatakan...

salam sobat
bagus ya,,puisi Cak Nun,,saya baru tahu ,,karena baca artikel mas IVAN
trims infonya.

From Asto Jiwo mengatakan...

Cak Nun, Kita sangat kagum kepadamu..
Kagum dengan syair-syair indahmu..
Kagum dengan segala apa yang telah engkau ciptakan..
Kagum dengan suara merdumu ketika engkau melantunkan lirik sholawat dengan pujian-pujiannya..

Poko'e njenengan 'is the best' buat kita semua.. !

Salam super by :
'PERGURUAN PENCAK SILAT ASTO JIWO' Ujungpangkah Gresik Jawa Timur Indonesia Raya'

DenBaGas mengatakan...

Salam

Saya suka karya2 Cak Nun..

Anonim mengatakan...

tak terasa ku meneteskan air mata...saat membacanya..caknun kau juga bagaikan air zamzam di samudera comberan.

aksesoris mobil mengatakan...

aku suka yang judulnya "BEGITU ENGKAU BERSUJUD" syair nya bagus sekali :")

obat asam urat rematik mengatakan...

nice infonya,,,,

Aksesoris Mobil mengatakan...

wowo mantab

obat benjolan di paha tradisional mengatakan...

terima kasih banyak karena telah menyajikan berbagai informasi yang sangat menarik..

pengobatan herbal penyempitan pembuluh darah mengatakan...

dengan membaca kita bisa belajar dan mengetahui hal-hal baru yang terjadi ..
terimkasih atas artikelnya kawan :)

Obat Herbal Kanker Rahim mengatakan...

situs ini memberikan informasi yang bagus sekali dan berguna ..

OBAT TRADISIONAL JANTUNG mengatakan...

artikelnya sangat menarik untuk dibaca dan bermanfaat ...

obat tumor mamae tradisional mengatakan...

terimakasih atas informasinya .... menarik sekali pembahasannya ,
ditunggu kembali artikel terbarunya

pengobatan herbal infeksi saluran pernafasan mengatakan...

trimakasih untuk informasinya baik untuk di simak dan
bermanfaat untuk semua khusus nya nmenjadi motivasi untuk ane ..

obat bisul di payudara tradisional mengatakan...

sungguh tak ku sangka blog ini memang keren banget, thank you ..

pengobatan herbal radang selaput otak mengatakan...

terima kasih sudah berbagi informasi pada kami, semoga website ini bermanfaat untuk semuanya :)

obat gejala usus buntu mengatakan...

terimakasih atas beritanya.
infonya sangat bagus sekali,
terimakasih banyak ya,.

obat lambung bocor mengatakan...


Semoga kesuksesan selalu ada pada anda dan kita semua. Semakin maju dalam karir, tetap berjuang mencapai cita-cita dan selalu berbagi ilmu yang bermanfaat.

obat alami alergi mengatakan...


siapapun yg kamu beri untuk membantu yg membutuhkan,tak akan hilang.semua pasti dicatat oleh tuhan,dan untukmu telah disiapkan balasan..tanks ka" admin untuk kerelaan-nya berbagi..

obat ambeien saat hamil mengatakan...


Jangan mengerjakan sesuatu dengan setengah hati, karena hasil yang kamu dapat juga hanya akan setengahnya.terus semangat ka" berikan yg terbaik dan setulus hati..

obat gejala demam berdarah untuk anak dan balita mengatakan...

terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

pengobatan herbal payudara bengkak mengatakan...

artikelnya memberikan manfaat. terimakasih . sukses terus ya . salam sehat ...

cara alami menyembuhkan klep jantung bocor mengatakan...

Makasih ya untuk informasi yang bermanfaatnya, kami tunggu informasi bermanfaat lainnya :)

cara alami menyembuhkan leukimia mengatakan...

selamat sore !!! izin menyimak artikel agan yah, semoga bermanfaat :)

cara alami menurunkan trigliserida tinggi mengatakan...

kami sangat senang berkunjung ke website anda pak, beritanya sangat menarik . . . . . .

pengobatan herbal infeksi payudara mengatakan...

Terimaksih banyak atas informasinya..sukses selalu untuk info beserta websitenya....

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. ivankavalera.com . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme